Rabu, 10 Maret 2010

RANGKUMAN BAB 8

BAB 8 (Membuat Lembar Kerja Menggunakan MS Excel)

A. Membuat Lembar Kerja

1. Membuat Lembar Kerja Baru
Saat pertama kali membuka program Microsoft Excel, secara otomatis akan terbuka sebuah workbook baru yang masih kosong.
2. Memasukkan Data
Untuk memasukkan data ke dalam lembar kerja, dapat dilakukan dengan menggunakan mouse atau tombol tanda panah pada keyboard untuk berpindah antarsel.
3. Menghapus data
pada saat bekerja pada Microsoft Excel, ada kalanya kita salah memasukkan data. Apabila data yang diketikkan belum masuk ke dalam sel maka data dapat diperbaiki dengan menekan tombol Backspace pada keyboard. Tetapi bila data sudah masuk ke dalam sel, dapat dilakukan dengan cara memblok sel yang akan dihapus lalu tekan tombol delete pada keyboard.
4. Bekerja dengan Sel
Pada saat bekerja dengan Microsoft Excel, kita tidak hanya belerja dengan satu sel saja, tetapi beberapa sel sekaligus.
5. Menyimpan Lembar Kerja
Setelah workbook selesai dibuat,selanjutnya dapat disimpan ke media penyimpanan seperti harddisk, disket, atau media penyimpanan lainnya.
B. Menggabungkan Dua Lembar Kerja atau Lebih

Pada saat membuka buku kerja baru pada Microsoft Excel, secara default setiap buku kerja baru akan berisi tiga lembar kerja dengan nama sheet1, sheet2, sheet3.
ketiga lembar kerja tersebut dapat digunakan untuk embuat suatu buku kerja yang akan disimpan dalam satu nama file.
Pada saat bekerja dengan Microsoft Excel, kemu dapat memilih beberapa lembar kerja sekaligus. Hal ini akan memudahkan pembuatan buku kerja yang membutuhkan bentuk laporan dengan format yang sama agar tidak perlu membuat laporan yang sama secara berulang.

C. Memasukkan Teks, Tanggal, dan Bilangan

1. MEMASUKKAN DATA TEKS
Memasukkan data dengan jenis teks dapat dilakukan dengan mengetikkan data dengan mengetikkan data pada sel. Data jenis teks ini merupakan suatu data yang terdiri atas karakter atau gabungan antara karakter dengan angka. Pada saat bekerja dengan Microsoft Excel,data jenis teks dapat di tampilkan dalam berbagai bentuk huruf (font), ukuran (size), warna (color), dan lainnya.
Toolbar adalah tempat untuk mengatur format teks. (gambar toolbar bisa di lihat di buku paket halaman 228)
Beberapa pengaturan format teks :
1. Font : memilih jenis huruf
2. Font Size : mengubah ukuran huruf
3. Font Style : mengubah tampilan huruf seperti bold, italic, underline
4. Font Color : mengubah warna huruf

Untuk mengatur format teks juga bisa digunakan dengan menggunakan Format, yaitu dengan cara :
1. Pilih atau blok sel yang akan di format
2. Pilih menu Format -> Cells atau denganmenekan tombol Ctrl + 1 pada keyboard3. Pilih tab font
4. Setelah itu pilih dan tentukan format teks yang diinginkan

2. Memasukkan Data Tanggal dan Waktu
Format tanggal pada Microsoft Windows biasanya adalah dd/mm/yy atau dd-mm-yy di mana dd adalah tanggal (Date), mm adalah bulan (Month), dan yy adalah tahun (Year).

3. Memasukkan Data Bilangan
Kita dapat menggunakan simbol mata uang atau simbol-simbol lainnya untuk memasukkan data dengan tipe angka pada Microsoft Excel, selama masih ada hubungannya dengan perhitungan angka yang dilakukan.
Untuk mengubah format data angka, dapat dilakukan dengan langkah :
1. Pilih sel dimana akan dilakukan perubahan format.
Pilih atau blok sel tersebut apabila sel yang di butuhkan lebih dari satu.
2. Pilih menu Format -> Cells atau dengan menekan tombol Ctrl + 1 pada keyboard. Lalu akan di tampilkan kotak dialog Format Cells
3. Pilih tab Number dan pada kotak pilihan Category, pilih Number
4. Selanjutnya, pada kotak pilihan Decimal place dapat di tentukan jumlah angka decimal di belakang koma yang akan di tampilkan
5. Pada kategori Number,dapat di tampilkan tanda pemisah ribuan dengan memilih kotak Use1000 Separator (,)
6. Untuk mengubah tampilan angka negative, dapat diubah melalui daftar pilihan Negative number dengan memilih format tampilan angka negative yang akan digunakan
7. Untuk mengubah format symbol mata uang, dapat dilakukan melalui pilihan Currency atau Accounting pada kotak pilihan Category.
8. Selanjutnya, untuk memasukkan data, kita hanya perlu mengetikkan angkanya saja tanpa mengetikkan symbol mata uang.

Selain menggunakan menu Format, untuk mengatur format tampilan angka dapat dilakukan dengan menggunakan toolbar Formatting.Ada juga fungsi yang dapat digunakan dalam mengatur format tampilan angka, yaitu :1. =INT() : Pembulatan angka2. =ROUND() : Pembulatan angka berdasarkan nilai numeric tertentu3. =ROUNDUP() : Pembulatan angka ke atas berdasarkan nilai numeric tertentu4. =ROUNDDOWN() : Pembulatan angka ke bawah berdasarkan nilai numeric tertentu Contoh : =INT(9.5) akan menghasilkan angka 9

D. Memformat Sel
pengaturan format dilakukan melalui menu Fomat Cells dan selanjutnya membuka tab Number pada kotak dialog Format Cells.

E. Menggabungkan Sel
Penggabungan dua atau lebih sel dapat dilakukan secara horisontal, vertikal, maupun gabungan keduanya. Penggabungan beberapa sel akan menghilangkan batas kolom dan baris dari sel tersebut dan sebagai gantinya sel-sel tersebut akan berupa suatu sel yang lebih panjang atau lebih lebar.

F. Memformat Baris dan Kolom
Mengatur Tinggi Baris
Mengatur lebar kolom
Menyembunyikan baris atau kolom

G. Memindahkan dan Menyalin Data
1. Memindahkan Data, adalah menghapu data yang terdapat pada suatu tempat atau sel dan menepatkannya ditempat sel yang lain. Untuk menghapus dan memindahkan data, digunakan perintah Cut dan Paste.
2. Menyalin Data, Menyalin data pada dasrnya sama dengan memindahkan data, tetapi data yang terdapat pada posisi awal tidak akan dihapus. Untuk menyalin data digunakan perintah Copy dan Paste.
3. Menggunakan Paste Special, fasilitas Paste Special mempunyai beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk menyalin sekaligus menjalankan perintah penjumlahan, pembagian, perkalian, dan perintah lainnya.
Selain itu perintah Paste Special juga mempunyai perintah untuk memilih apa yang akan disalin. Untuk menggunakan Paste Special, lakukan perintah pengkopian terlebih dahulu menggunakan fasilitas Copy atau Cut kemudian tekan tanda panah kecil yang terdapat disebelah kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar