Selasa, 08 Desember 2009

bab 1

BAB I
MENGENAL PERANGKAT KERAS DAN PENYEDIAN LAYANAN YANG DIGUNAKAN DALAM AKSES INTERNET
A. KONSEP INTERNET
Internet adalah sekumpulan atau jaringan komputer yang tersedia diseluruh dunia.
1. Sejarah Internet
sejarah perkembangn internet, yaitu
Ilmuan komputer melakukan riset untuk menghubungkan beberapa system untuk jaringan
1969, ARPANET (Dod Advence Reaseach Poject Agency ) telah berhasil menghubungkan UCLA ,university of California di santa barbaa,University of Utah dan Stanford Institute.
1975, Pengaturan internet di alihkan k U.S defense Communications Agency
1979.USENET Mulai menawarkan system konfrensi acara broadcast dari new
group
.1981.BITNET (Because It’s Time Network) Mulai menawarkan Email dan daftar server untuk distibusi Infomasi.CSNET (Compute SAins Net work )Menawarkan dial up service untuk email.Pada saat itu orang-orang sudah dapat mengakses intenet menggunkan computer desktop
1982,TCP /IP (Transmission Control Protokol/Internet protocol) menjadi standart untuk komunikasi jaringan ARPANET.1983,MILNET dan DDN (Defense Data Network )Memisahkan diri dari ARPANET
1984,Diperkenalkannya Sistem Domain sesrver sistem (DSN)
1988,Robert Morris jr,mengeluarkan ’wom’ untuk pertama kalinya di internet
1990,CERN ( the Euroean Particle Laboratory in Switzwerland) mengembangkan Word Wide Web.
1993, Presiden Clinton menjadi Pesiden pertama yang menggunkan pengiriman surat pertama secara elektronik dengan alamat president@whitehouse.gov.
1994,digital video dan audio di transimiskan ke internet
2. Prinsip koneksiJaringan
dimulai dari yang sangat sederhana sampai kedalam bentuk yang lebih kompleks. Jaringan sederhana adalah hubungan satu computer dengan computer lainnya. Sedangkan jaringan kompleks adalah saling terhubung jaringan-jaringan sederhana.
3. Kegunaan Internet
Banyak jaringan internet yang menguntungkan dalam sebuah bidang ( Bisnis , Akademis, pemerintahan , dan bidang lainnya )a. Informasi yang diperoleh lebih cepat dan murah dengan aplikasi dibawah ini.- Email- WWW- Newgroup- FTP-Gopherb. mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi,seperti- koran masuk internet- majalah, brosur, dan media cetak lainnya- sebagai media promosi- citra perusahaan- pengenalan dan pemerasan produkc. komunikasai interaktif- email- dukungan pelayanan dengan WWW- video conferencing- internet relay chat- internet phoned. sebagai alat research and development e. pertukaran dataB. Mendeskripsikan Fungsi Perangkat Keras Yang Digunakan Untuk Akses InternetISP ( Internet Service Provider) adalah suatu perusahaan yang berperan menyediakan jasa layanan akses Internet baik untuk kepentingan pribadi maupun perusahaan.1.Perangkat Komputer Pribadi ( Personal komputer )Perangkat keras yang paling utama yang digunakan untuk koneksi internet adalah seperangkat komputer dengan spesifikasi tertentu yang mendukung untuk akses internet.2. Modem ( Modulator Demodulator )Modem digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Modem dibedakan menjadi dua jenis yaitu, modem internal dan eksternal. Modem eksternal adalah modem yang terpisah dari perangkat komputer atau berbentuk perangkat tersendiri. Sedangkan modem internal adalah modem yang tergabung pada bagian dalam komputer. Penggunaan modem internal mempunyai bebrapa keuntungan, yaitu lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. Modem internal juga tidak memerlukan adaptor , sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa banyak kabel yang dapat memberikan kesan kurang rapi.
Cara instalasi dan setting modem pada wndows XP:
1. Pastikan komputer sudah terinstal sistem operasi windows XP dan berjalan dengan baik
2. Pastikan telah terpasang sebuah modem pada komputermu
3. Pastikan kamu telah mempunyai minimal sebuah saluran telepon
4. Hubungkan modem dalam komputer dengan saluran telepon
5. Nyalakan komputer kamu
6. Klik tombol star pada taskbar. Selanjutnya pilih Control Panel
7. Pilih Network and Internet Connections
8. Akan tampil Network and Internet Connection. Klik
9. Klik Network connections.
10. Selanjutnya akan tampil jendela Nerwork Connections, lalu kik Create a New Connections.
11. Akan tampil jendela New Connections, tekan tombol Next
12. Pilih Connect to the internet , kemudian tekan tombol Next
13. Pilih set up my connections manually pada pilihan getting ready, kemudian tekan tombol Next
14. Pilih connect using a dial-upmodem pada pilihan internet connections kemudian tekan tombol Next
15. Pilih modem yang digunakan , kemudian tekan tombol Next
16. Masukkan nama ISPD didalam kolam ISP Name
17. Selanjutnya masukkan nomer teleponuntu dial ke ISP.
18. Masukkan username dan password aktifkan kotak ceklis Add a shortcut to this connctions to my destop, kemudian tekan tombol finish.3. Saluran TeleponSaluran telepon dapat juga digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui perangkat modem.
4. Perangkat Lunak ( Software)Terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk mengakses internet, antara lain Internet Explorer dan Netscape Navigator.
5. Internet Service Provider ( ISP ) C. Mendeskripsikan Peran Internet Service Provider ( ISP )Internet Service Provider ( ISP ) adalah suatu perusahaan yang berperan menyediakan jasa layanan akses internet baik untuk kepentingan pribadi maupun perusahaan. ISP dapat juga disebut pintu gerbang ( gateway) untuk menuju internet. Terdapat beberapa jenis ISP yaitu dial-up, hotspot, mobile acces , wireless, dan dedicated connection.
1. Dial-up Dial-up
merupakan layanan yang disediakan untuk para pengguna internet yang ingin menggunakan akses melalui kabel telepon yang didukung oleh modem.
2. Hotspot
Hotspot merupakan layanan untuk pengguna yang membutuhkan koneksi internet pada lokasi-lokasi tertentu seperti di mal, kafe, dan bandara.
3. Mobile Access
Mobile Access merupakan salah satu layanan akses internet yang dapat diperoleh secara mudah dan praaktis melalui perangkat telepon genggam (handphone),sehingga dapat menggunakan internet dimanapun kamu berada, slama masih dalam daerah cakupan dari operator telepon genggam.
4. Wireless
Wireless merupakan layanan internet dengan menggunakan teknologi tanpa kabel
5.Dedicated Conection
Dedicated Conection Baik digunakan untuk mendapakankan akses internet dari rumah,perkantoran ,serta warnD. Mendeskripsikan User Id dan PasswoodUntuk mengakses sistem yang terdapat pada ISP, biasanya kamu harus memberikan sebuah identitas untuk mengakses sistem mereka yang disebut account.Hubungan komputer dengan internet Yang disediakan oleh ISP dapat terlaksana dengan baik jika user name dan passwood dapat dikategorikan sangat rahasia dan hanya kamu yang boleh mengetahui informasi tersebut,karena jika kode informasi tersebut diketahui oleh orang lain maka akan memungkinkan pihak tersebut memanfaatkannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar